PS; yang udah baca blog / tulisan aku.. Tolong minta follow account IG aku yah dyahdeedee09 & Twitter @dyahdeedee09 jadi biar makin semangat nulisnya. Kamsahamnida.

Minggu, 10 September 2017

Review School 2017, Pesan Moral Untuk Guru, Orang Tua, Polisi, Persahabatan dan Impian.


Hai.. Tae Woon-ers..  Hehehehe..
Belum bisa move on dari drama ini, kaya susah melepas si pria berumur  27 tahun yang berperan jadi anak SMA dengan badan kekar dan senyuman itu bikin gigit bibir sendiri karena gemes... Hihihi.. 16 Episode udah selesai banyak Pesan Moral yang bisa diambil dari drama ini.
Ini yang gue lihat Pesan Moral yang didapat...


Berkomunikasi Dengan Anak
Sesibuknya orang tua, harus disempetin untuk nanya keadaan anaknya. Walaupun sesibuk apapun pekerjaan di luar kota, harus telp dan tanya keadaan anak, karena anak itu butuh perhatian. Seorang anak, walaupun ayahnya jahat sekalipun tetep sayang,  Tae Woon sadar kalau ayahnya itu pemarah dan bisa menghalalkan segala cara tapi dia tetep sayang dengan ayahnya, makanya ikut pindah ke Desa sama Ayahnya. 

Percaya Pada Anak Didikmu
Ini gue liat dari Guru Shim, banyak guru lebih milih untuk ngebela anak-anak yang punya uang dan nyalahin anak murid yang hanya diem dan ga ngebela diri. Tapi sebagai guru bisa mengenal sifat anak-anaknya, jadi bisa tahu kalau itu pasti kesalahan.
Bo Ra yang awalnya di Khianati sama Wali Kelas sebelumnya, karena pengaruh Uang jadi Cuma bisa diam, karena pasti kalah dan dia ga punya uang. Guru Shim ngebela kalau Bo Ra ga bersalah dan percaya kalau anak muridnya ga mungkin melakukan kekerasan dalam sekolah lebih dulu, akhirnya terbukti kalau Bo Ra ga salah. 

Dukung anakmu, Apapun Impianya
Gue ngelihat Sifat Ibu Eun Ho, kita bisa belajar jadi ibu yang terbaik untuk anak. Walaupun mereka hidup kekurangan, bahkan Eun Ho juga kerja part time buat nambah uang jajan. Tapi Beliau bisa menyakinkan anaknya untuk bisa les komik untuk kuliahnya jadi Webtoon.  
Beberapa orang tua lebih suka anak-anaknya kerja kantoran karena lebih tetap dari segi penghasilan, tapi beda sama Ibu Eun Ho yang ngedukung anaknya. Bahkan waktu Eun Ho harus keluar dari sekolah karena dianggap sebagai X, Orang Tuanya pun setuju karena anaknya emang ngebongkar keboborokan sekolah yang banyak korupsi, jadi minta kepsek untuk tanda tangan surat pengunduran diri anaknya

Kenakalan Remaja, Bukan Harus Di Penjara.
Ini pesan Moral dari Petugas Han, wanita yang berani dalam segala Hal termasuk cinta. Pertama kali mengutarakan dengan memberikan ciuman di pipi sama Guru Shim tentang perasaanya. Akhirnya bisa mengerti kalau kenakalan remaja bukan harus dipenjara, tapi itu ada alesan dibalik semua kenalakan remaja.
Petugas Han juga bisa mengubah Young Gun yang ga suka sekolah dan berkelahi jadi calon anggota polisi wanita yang tugasnya menangkap pencuri dsb. Jadi kenalakan remaja memang seperti pengenalan jati diri, masa pemberontakan dan harus ada yang mengarahkan agar menuju jalan yang benar.


Katakan Salah kalau Memang Anakmu Salah, Jangan Selalu Membela.
Inget pesan Tae Woon sama ayahnya, sebelum pindah ke Desa.
“Aku harap Ayahnya akan mengatakan, "Berbohong itu perbuatan buruk, Jangan menjelek-jelekkan temanmu, Bertanggung jawablah atas perbuatanmu," seperti orangtua yang lain. Bukannya malah bilang, "Aku akan membereskannya" atau "Biar kuurus," seperti yang biasa Ayahnya  katakan.”
Jadi orang tua harus ngajarin dan mendidik anak untuk bisa ngasih tahu mana yang baik dan tidak baik. Kalau memang salah, maka mereka harus bertanggung jawab dengan kesalahan itu, tapi tetap mensupportnya. Dan jangan pernah mencoba menyalahkan orang lain, kalau anak kita memang salah.
Kalo inget hubungan antara orang tua sama anak, jadi inget sama Jeremy Thomas dengan anaknya, sebagai orang tua tulus meminta maaf dengan kesalahan anaknya yang memesan narkobat dan tetap support anaknya, bukan menyalahkan siapapun. 

Sayangi orangtuamu, apapun pekerjaanya.
Ini yang patut dicontoh dari Sifat Eun Ho, ga pernah malu waktu liat ayahnya jadi kuli bangunan yang benerin jalan. Jadi selama ini ayahnya pulang malam, karena berkerja lembur.
Gue terharus dengan alasanya yang  So Sweet, karena ayahnya ga bisa bantu dalam bentuk uang untuk Eun Ho jadi pingin ngebuat jalan menuju sekolah anaknya itu indah dengan bunga-bunga yang ditanamnya.
Beda dengan Dae Hwi, sebagai anak single parent terpaksa harus kerja keras ngajarin anak orang kaya bernama Hee Chan, bahkan ngerjain semua tugas demi lembaran uang 50ribu won. Ibunya pemilik salon kecil, tapi malu mengakuinya waktu masih kecil. Sampe akhirnya sadar waktu ngeliat Eun Ho yang ga malu ayahnya jadi kuli bangunan.


Dan Beda cerita dengan Nam Joo, berasal dari orang kaya dengan banyak fansnya. Tapi ternyata hanya tinggal di apartement kecil dan punya banyak adik, mengaku ayahnya pemilik perusahaan transportasi tapi ternyata hanya supir taksi.
Yah memang awalnya, anak orang kaya tapi ayahnya bangkrut dan harus pindah ke Apartement kecil dengan semua adik-adiknya. Nam Joo yangbisa terima dengan keadaanya yang miskin dan teman-temanya yang kaya, tapi
Akhirnya mau mengakui dan bertanggung jawab dengan kebohonganya, Dae Hwi pun bisa menerima Nam Joo sebagai pacarnya lagi, walaupun udah miskin  bahkan mendukung Nam Joo.

Masa SMA, Masa Paling Indah Dalam Hal Persahabatan.
Nonton Drama ini, jadi bisa mengingat jaman SMA. Inget kenakalan apa aja jaman SMA, kenangan cerita lucu, sedih dan bahagia. Ada cerita temen dulu jaman awal SMA saling membenci tapi di kelas tiga udah duduk bareng. Dulu gue kesal banget sama teman gue karena gayanya belagu, tapi sekarang malah sering janjian pergi bareng. *ga kenal maka tak sayang*

Eun Ho dan Sa Rang salah satu ciri temen yang awet, karena bisa marah dan sedih bareng. Jadi bisa terbuka satu sama lain, Yah.... mungkin kita bisa bilang siapapun adalah temen kita, tapi teman deket itu beda karena bisa menceritakan apapun, dan saling ngebantu dan ngedukung.

Bo Ra dan Young Gun, dulu mereka sempat berteman baik, tapi karena satu kesalahan Bo Ra, Young Gun balas dendam dengan ngebully Bo Ra habis-habisan. Sampe akhirnya mereka baikan karena tangan diborgol dan kesana kemari harus bersama. Bo Ra mengaku kalau ga salah ngelakuin tindakanya, karena mencegah temanya bunuh diri. Young Gun pun meraih tangan Bo Ra saat ngulirin tangannya, tak ada lagi rasa amarah.


Jika Kamu Gagal di Impian Satu, Maka Raih Impian Yang Lain.
Ga semua orang bisa mulus mencapai impianya, kaya gue belum bisa ke Aussei sama Korea sampe sekarang. Hihihihi.. *curcol*. Ini gue ngeliat dari kasus Issue yang dikeluarin dari Boybandnya, sebagai artis karirnya pun harus turun, dan berasa dunia mau runtuh.
Guru Jung ngasih nasehat dengan yang dialaminya, kalau dulu dia ga bisa jadi atlet Baseball karena cedera. Saat itu kayanya marah karena ga bisa meraih impianya dan ingin bunuh diri. Tapi akhirnya sekarang bisa jadi guru olahraga, jadi masih banyak cara kalau kalian ga bisa meraih impian.
Issue yang tadinya jadi grup idol, akhirnya bareng sama Kyung Woo jadi musisi jalanan, walaupun itu bukan impian yang sesungguhnya tapi mengikuti yang kita suka dan jadi penghasilan itu lebih baik lagi. Semangat yah semuanya, meraih impian.

Yah.. itu beberapa pesan moral dari Drama School 2017, mudah-mudah bermanfaat dan bisa belajar jadi, murid, orangtua dan guru yang baik. Bahkan polisi dan juga hubungan persahabatan kita. Tunggu Review Drama yang lain yah.
Salam...

Dyah Deedee 

FACEBOOK : Dyah Deedee  TWITTER @dyahdeedee09 
INSTAGRAM dyahdeedee09  FANPAGE Misstraveling 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar